Trading The GAP

Menggunakan gap hari Senin dalam harga merupakan peluang trading yang sempurna dan dapat diandalkan. Berikut ini adalah contoh bentuk transaksi nya :

Saya melihat pergerakan yang kuat pada pasar Wall Street hari Jumat – baik pada pergerakan naik ataupun turun- minimal pergerakan lebih dari 1 persen atau lebih (kira2 100 poin). Misalnya Dow dan S&P finish positif 1.55% dan Gbp/Jpy finish di 225.5. Karena pergerakan minimal 1.0 persen telah tercapai, kita dapat mengekspektasikan harga currency Gap Up pada saat Senin open.

Kita dapat melihat open Senin akhirnya Gbp/Jpy memang Gap Up ke 226.1, maka kita bisa mendapatkan 60 pips secara mudah. Setelah gap up, yang terjadi kemudian harga akan berlanjut untuk naik sedikit, atau mungkin berfluktuasi naik dan turun sedikit. Kita dapat meng close trade segera setelah open pagi2 hari senin, atau melihat grafik dan membuat keputusan sendiri yang sesuai.

Pada akhirnya, harga nya akan menuju kebawah, ke area closing hari Jumat. Ini disebut sebagai ‘Nutup Gap/ Filling the Gap’ dan saya sering memanfaatkan trade seperti ini (dalam contoh ini kita bisa sell). Ketika harga closing hari Jumat telah tersentuh, saya cenderung akan menutup posisi sell tersebut. Minggu yang baru telah dimulai dan kita langsung bisa mendapatkan 100 pips atau lebih pada gap-lumayan!

Setelah menutup gap, sangat mungkin harganya akan kembali ke atas menuju 226.1. Saya sendiri tidak langsung open buy pada point ini, tapi bukan tidak mungkin dilakukan. Apa yang biasanya saya lakukan hanya menunggu futures nya bergerak dan trading berdasarkan gerakan futures.

Teknik ini dapat berjalan secara kebalikannya, misalnya pada hari Jumat Dow dan S&P negative secara keseluruhan. Jika futs nya jatuh lebih dari 1.0% kebawah, saya akan menahan posisi short selama weekend, dan open hari Senin langsung ditutup dan bersiap-siap untuk mencari harga Long seiring harganya kembali ke atas ke area closing hari Jumatnya.

Saya menyarankan untuk melihat grafik Monex MetaTrader untuk menemukan level closing hari Jumat ketika Dow & S&P bergerak lebih dari 1.0 persen, dan buktikan sendiri bagaimana G/J akan menutup gap pada hari Senin. Jika anda sudah bisa melihat nya, maka anda siap untuk melakukan trading berdasarkan teknik gap ini.

trading-the-gap.gif

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s