Sentimen Pedagang Ritel Jepang Meningkat

Sentimen diantara pedagang ritel Jepang meningkat hingga 4 bulan tertinggi di Maret, namun kenaikan tersebut mungkin tidak dapat bertahan seiring kondisi yang diperkirakan untuk menurun di bulan mendatang. Indeks Economy Watchers, yang merupakan survey pedagang yang langsung memberikan jasa ke konsumen, naik 36.9 dari 33.6 di Februari. Indeks outlook atas kondisi 2 hingga 3 bulan jatuh menjadi 38.2. Tingkat kepercayaan konsumen masih berada di level terendah 5 tahun sejalan rumah tangga masih berjuang dengan biaya bahan pokok dan energi yang melebihi upah. Sentimen diantara manufaktur besar di negara tersebut jatuh hingga level terendah 4 tahun di Maret. Indeks outlook adalah indeks yang lebih bisa memberi gambaran. Jika bisnis tidak yakin bisa maju maka tentunya gaji tidak akan ditambah, sementara dengan masih berlanjutnya kenaikan harga bahan pokok dan energi, maka tingkat pengeluaran konsumen yang akan terpukul.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s