Keyakinan Konsumen Jerman Meningkat

Tingkat keyakinan konsumen Jerman naik di luar perkiraan hingga 7 bulan tertinggi seiring dengan kenaikan pendapatan memicu pengeluaran kepala rumah tangga. Indeks Gfk untuk bulan Mei, berdasarkan hasil penjajakan sekitar 2,000 orang, naik hingga 5.9 dari 4.8 bulan April. Para ekonom tadinya mengekspektasikan ukuran tersebut untuk jatuh hingga 4.5. Kenaikan upah dan tingkat pengangguran terendah dalam 16 tahun, membatasi imbas dari konsumen pada laju inflasi dan pelambatan pertumbuhan ekonomi. Sangat kontras, dimana tingkat keyakinan bisnis jatuh lebih dari prediksi para ekonom bulan ini akibat kekacauan kredit global. Sub-indeks, mengukur ekspektasi pendapatan loncat hingga 10.5 dari 1.5 dan ukuran cara konsumen berbelanja meningkat menjadi -4.7 dari -10.2. Sementara ukuran ekspektasi ekonomi naik menjadi 23.3 dari 15. Kenaikan keyakinan konsumen ini bukan merupakan kejutan. Ketika seseorang diberikan peluang untuk bekerja, dan diberikan reward untuk pekerjaan mereka dengan upah lebih tinggi, mood orang tersebut akan terangkat dan memiliki tendensi untuk berbelanja. Namun jika keyakinan konsumen masih berada di level tertinggi, inflasi harus terjaga kemudian melihat kenaikan biaya energi yang berlanjut, hal tersebut akan menjadi problem utama.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s