Retail Sales Jepang Meningkat Akibat Tingginya Harga Gas

Penjualan ritel Jepang menguat di Maret akibat besarnya pengeluaran rumah tangga untuk makanan dan gas, sehingga mereka mengurangi pengeluaran untuk pakaian dan furniture. Penjualan merangkak naik 1.1 % dari setahun lalu, menurut Kementerian Perdagangan di Tokyo. Estimasi dari 17 ekonom yang diteliti Bloomberg News adalah naik 1 %. Kepercayaan konsumen berada di kisaran rendah lima-tahun akibat makanan dan harga bahan bakar menyeret inflasi ke level tertinggi dalam satu dekade. Bulan ini Bank of Japan menurunkan tafsiran atas ekonomi terbesar ke dua dunia ini karena harga minyak dan bahan mentah yang mencapai rekor menekan perusahaan dan konsumen. “Gain retail sales merefleksi naiknya harga bahan bakar, bukan kuatnya belanja konsumen,” ungkap Mamoru Y, ekonom Jepang pada RBS Sec Japan Ltd. di Tokyo.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s