Indeks Dollar : Prospek Perbalikan Arah Dollar

Market Review

Indeks dollar biasa digunakan sebagai pelindung nilai dari dua sisi pasar global. Ketika pasar global dan komoditas merosot, maka strategi beli dollar akan melindungi nilai atas kerugian yang dapat terjadi dari keduanya. Sejauh ini indeks dollar AS masih dalam jalur pelemahannya sebagai cerminan sentiment pasar yang semakin optimis bahwa ekonomi global masih dalam jalur yang benar untuk menuju pemulihan.

Pelemahan Dollar Tidak Selalu Digemari

Situasi ini masih rumit dan mungkin tidak selamanya terjadi pelemahan sekuler dollar AS, terutama bagi negara seperti Jepang, yang mana GDP nya relative tergantung pada ekspor, secara alamiah proses pelemahan dollar AS akan direfleksikan dengan apresiasi mata uang lokal dan menyebabkan mahalnya harga ekspor sehingga barang menjadi kurang kompetitif, sesuatu yang dapat menjadi bumerang disaat bersamaan situasi ekonomi masih tidak menentu. Canon, produsen peralatan kantoran terbesar Jepang, mengeluarkan estimasi setiap apresiasi Yen sebesar 1% terhadap dollar akan menurunkan laba operasional di semester keduanya sebesar 4.2 billion Yen. Belum lagi nasib eksportir lainnya seperti Toyota, Nissan, Honda yang bakal kebakaran jenggot. Yukitoshi Funo dari Toyota mengatakan nilai tukar Yen pada level 90 sangat memukul perusahaan pada bulan September dan meminta pelemahan mata uang local tersebut.

Prospek Ekonomi AS

Faktor fundamental AS sendiri sebenarnya belum cerah, meskipun terjadi peningkatan sebesar apapun di sektor lain, namun agar tingkat pengangguran dapat kembali ke level semula , katakanlah kembali ke level 5%, ekonomi AS harus menciptakan 15 juta tenaga kerja baru yang mungkin baru bisa tercapai dalam waktu 5 tahun lagi. Asumsinya adalah dengan terciptanya tenaga kerja baru sebesar 250,000 setiap bulan.

Penciptaan Tenaga kerja yang Lamban

Tapi jika kita melihat sejarah kreasi rata-rata tenaga kerja setiap bulannya. Dapat dimulai dengan melihat kurun waktu 2006, sepanjang tahun terbaik AS saja hanya mampu mencapai rata-rata pertumbuhan tenaga kerja sebesar 232,000. Lebih parah lagi jika diambil rata-rata 10 tahun sejak tahun 1999, anda hanya mendapatkan pertumbuhan tenaga kerja sebesar 50,000. Sementara dari tahun 1989 hingga sekarang, rata-rata pertumbuhan hanya mencapai 91,000 per bulan. Faktanya, sepuluh tahun terbaik hanya terlihat di periode 1991 -2000 dengan mencapai average hanya 150,000 tenaga kerja baru setiap bulannya.

Proses Recovery yang Semakin Terhambat

Berdasarkan analisa ini, masih ada peluang merosotnya pasar global atau dalam scenario terburuknya double dip recession. Peluangnya kearah sana masih nampak, kita kembali ke sejarah di tahun 1937, ini merupakan masa-masa proses recovery setelah era ‘Depresi Hebat’, dalam prosesnya Kongres serta Presiden Roosevelt memutuskan penyeimbangan budget karena Negara mengalami deficit yang sangat besar. Maka mereka menaikkan pajak untuk memompa aliran dana pada system yang mirip seperti saat ini. Maka mereka menaikkan pajak dan menciptakan resesi lainnya yang baru berakhir di awal tahun 1940.

Kenaikan Pajak 10% Obama

Sekarang, administrasi Obama nampak merobohkan ekonomi nya sendiri dengan rencana Beliau untuk menaikkan tax rate sebesar 10%. Mitos memang memperlihatkan pembayar pajak terbesar adalah pengusaha kaya, namun realita nya 75% dari antaranya adalah pemilik bisnis kecil menengah yang merupakan mayoritas pencipta lapangan kerja baru yang menopang ekonomi. Membebankan mereka dengan pajak tambahan akan menambah tekanan terhadap tenaga kerja baru karena pemilik usaha kekurangan dana investasi.

Kemungkinan Perbalikan Arah Dollar

Pada grafik weekly dollar indeks, secara teknikal terindikasi dollar telah menyelesaikan formasi Elliot wave koreksi B, secara ringkasnya pelemahan dollar sudah terbatas dan dapat bergerak berbalik menguat di jangka menengah dengan catatan area 76.50 harus dapat dilewati terlebih dahulu, sebelum akhirnya ke level resistance 77.50.dollar


Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s